Adakah Jatah Menteri untuk NasDem-PKB? Gerindra: Semua Akan Dibicarakan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Partai NasDem dan PKB terang-terangan bakal mendukung Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Lantas adakah jatah posisi menteri untuk kedua partai tersebut?

"Bahwa untuk Partai NasDem dan PKB segala sesuatu bakal dibicarakan," kata Dasco saat dihubungi, Minggu (28/4/2024).

Dia memastikan pembicaraan soal posisi-posisi di Pemerintahan Prabowo-Gibran juga bakal dibicarakan dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju. Jadi, kata dia, tidak hanya dengan NasDem dan PKB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Baik dengan kedua partai maupun dengan partai Koalisi Indonesia Maju yang sudah terlebih dulu mengusung Prabowo-Gibran," ucapnya.

Meski demikian, dia memastikan pembicaraan itu demi keberlanjutan pembangunan dan kemajuan Indonesia.

"Namun menurut kami segala sesuatu semua bisa dibicarakan untuk keberlanjutan pembangunan, dan untuk Indonesia maju," imbuhnya.

NasDem dan PKB Dukung Prabowo-Gibran

Untuk diketahui, Partai NasDem dan PKB mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), pada Pilpres lalu, dan tak terpilih. Kini, mereka secara terang-terangan menyatakan merapat mendukung presiden terpilih Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh langsung berjumpa dengan Prabowo Subianto, yang juga Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto pada Kamis (25/4) kemarin, di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Surya Paloh menyatakan support ke pemerintahan periode 2024-2029 Prabowo-Gibran adalah pilihan yang terbaik.

"Sejujurnya saya berkontemplasi untuk itu. Sebuah proses perenungan saya lakukan yang cukup lama. Akhirnya, satu hal, saya berbincang dari kejujuran hati dan kerasionalan yang saya miliki," kata Surya Paloh, Kamis (25/4).

Paloh mengatakan dari obrolan dengan semua pihak, opsi berasosiasi dengan pemerintahan baru adalah keputusan yang terbaik. Opsi itu adalah pilihan dari NasDem.

"Kalau memang ada opsi lantaran dasar, bukan saya yang meminta. Tapi kesempatan, dorongan, keinginan, spirit mengajak, untuk berbareng dengan pemerintahan saya pikir itu lebih baik. Itu lah pilihan saya, pilihan NasDem," kata Surya Paloh.

Sementara itu, Ketua Umum PKB, Cak Imin, bicara support partainya terhadap Prabowo Subianto. Sikap itu pun telah disampaikan saat berjumpa dengan Prabowo.

"Pertanyaan soal pertemuan kemarin (dengan Prabowo) saya rasa sudah tidak kudu dijawab lantaran sudah cetho welo-welo (sangat jelas). Sudah peralatan jelas, jelas terpampang gitu tetap ditanyakan lagi, itu namanya meragukan," kata Cak Imin menjawab pertanyaan wartawan di DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Saat ditegaskan apakah PKB bakal berada dalam pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya, Cak Imin menjawab dengan pernyataan yang sama.

"Sudah jelas sudah, cetho welo-welo (jelas banget)," ucap Cak Imin.

(maa/imk)