Anies Singgung Persimpangan Baru, PKS Santai Ambil Jalan Lurus

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Anies Baswedan menilai PKS memasuki fase perjalanan baru untuk memutuskan berasosiasi alias tidaknya dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. PKS mengatakan bakal mengambil jalan lurus sesuai pengarahan ketua partai.

"Kita ambil jalan lurus. Sesuai pengarahan ketua partai," kata ahli bicara PKS, Ahmad Mabruri, kepada wartawan, Sabtu (27/4/2024).

PKS juga menepis dugaan menghadapi kebimbangan menentukan bakal berasosiasi ke pemerintahan Prabowo alias tidak. Keputusan PKS tersebut ditentukan di Majelis Syuro PKS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"PKS mah santuy aja. Dari dulu kan emang nggak grasa-grusu. Semuanya dimusyawarahkan. Bukan maunya satu orang," ujar Mabruri.

Mabruri juga tak banyak bicara saat disinggung apakah PKB dan NasDem membujuk PKS berasosiasi untuk mendukung pemerintahan Prabowo. Mabruri menyebut keputusan berada di tangan PKS.

"He-he. Diserahkan ke PKS," imbuhnya.

Anies sebelumnya menghadiri aktivitas halalbihalal yang digelar PKS. Anies mengatakan PKS memasuki fase perjalanan baru untuk memutuskan berasosiasi alias tidaknya dalam koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Siang hari ini merupakan babak baru bagi perjalanan fase baru, 22 tahun PKS berjuang dan 22 tahun itu diiringi dengan catatan rekam jejak konsistensi berdemokrasi itu salah satunya adalah siap untuk berada di dalam pemerintahan dan selalu siap berada di luar pemerintahan," kata Anies Baswedan dalam sambutannya di aktivitas halalbihalal PKS di DPP PKS, Jalan Tb Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4).

Anies mengatakan PKS telah menunjukkan keteladanan berdemokrasi. Anies mengatakan teladan itu ditunjukkan PKS dengan menjalankan tugas sebaik-baiknya saat berada di dalam pemerintahan maupun saat sebagai oposisi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai saat ini PKS tengah berada di persimpangan jalan menentukan arah politiknya usai Pilpres 2024. Anies mengatakan konsisten merupakan karakter PKS.

"Ini adalah rekam jejak yang juga disampaikan Pak Surya Paloh ada dinamika dalam dan luar, dan sekarang ada persimpangan jalan baru kita masuk persimpangan jalan baru, yang lain sudah tahu bakal ambil belokan yang mana, kita menunggu PKS ambil yang mana tapi yang pasti konsistensi itu adalah salah satu karakter dari PKS," ujarnya.

(rfs/idh)