Bahasa Razi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Razi adalah suatu bahasa Iran Barat Laut yang pernah dituturkan di Kota Ray, yang terletak di lereng selatan pegunungan Alborz yang terletak di dekat Teheran. Kemungkinan besar bahasa ini merupakan kelanjutan dari bahasa Media. Razi juga mirip dengan bahasa Partia. Satu-satunya catatan yang bertahan ditulis dalam bahasa Razi adalah suatu karya yang ditulis oleh Bundar Razi (wafat 1010-1011), seorang penyair Syiah yang merupakan bagian dari pemerintahan Majd al-Dawla (m. 997–1029), amir (penguasa) dari Dinasti Buwaihi cabang Ray. Karena Ray terletak di wilayah bersejarah Media, bahasa setempat pada era pra-Islam, menurut sejarawan modern Hassan Rezai Baghbidi, pastinya merupakan bahasa Media.

Sumber tertua yang mengacu pada dialek Razi adalah sebuah buku yang ditulis oleh ahli geografi Arab bernama al-Muqaddasi (wafat 991) pada abad ke-10:

Orang-orang Ray mengubah nama mereka, ketimbang ʿAlī, Ḥasan, dan Aḥmad, mereka mengatakan ʿlkʾ / Alkā/, ḥskʾ /Haskā/, ḥmkʾ /Hamkā/ … di Ray mereka menggunakan rā, mereka mengatakan rʾdh /rā-dah/ “berikan!”, rʾkn /rā-kun/ “lakukan!” … di antara bahasa aʿājim (yaitu orang-orang Iran) tidak ada bahasa yang lebih menarik daripada bahasa orang Ray.

Beberapa kata yang digunakan dalam bahasa Persia yang dituturkan di Teheran mungkin diserap dari bahasa Razi, seperti sūsk (berarti "kumbang" atau "kecoak"), jīrjīrak (berarti "cengkerik"), zālzālak (berarti "semak" atau "duri"), dan vejīn (berarti "pernikahan").

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Baghbidi, Hassan Rezai (2016), "The Linguistic History of Rayy up to the Early Islamic Period", Der Islam, De Gruyter, 93 (2): 403–412, doi:10.1515/islam-2016-0034