Kemnaker & Menteri Sumber Malaysia Sepakat Perbarui MoU soal PMI

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melakukan pertemuan dengan Menteri Sumber Manusia Malaysia yang baru Sim Chee Keong di Kuala Lumpur. Ida mengucapkan selamat kepada Sim Chee Keong dan membahas soal kerja sama antara Indonesia dan Malaysia.

Ida berharap, dengan terpilihnya Sim Chee Keong sebagai Menteri Sumber Manusia, kebijakan di bagian ketenagakerjaan di Malaysia menjadi lebih baik dan memberikan akibat positif pada meningkatnya kesejahteraan dan perlindungan bagi pekerja migran, khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Saya percaya, dengan support yang terhormat Sim Chee Keong, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia, khususnya di bagian ketenagakerjaan dapat memberikan hasil yang lebih konkret," ucap Ida dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas isu-isu terkini mengenai penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Pembahasan tersebut krusial sebelum penyelenggaraan Joint Working Group ke-4 yang bakal dilaksanakan pada 9-11 Mei 2024 di Malaysia.

Selain itu, kedua pihak sepakat untuk melakukan pembaharuan MoU tentang perlindungan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia sektor umum tahun 2004. Hal tersebut mengingat MoU ini sudah cukup lama dan perlu dilakukan review sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini.

"Kami sangat berterima kasih sudah berjumpa dan berganti info mengenai pengembangan kerja sama bilateral Indonesia dan Malaysia di bagian penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia," pungkas Ida.

(ega/ega)