Khawatir Diserang Rusia, Ukraina Evakuasi Pasien di 2 Rumah Sakit

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Para pejabat di ibu kota Ukraina, Kyiv mengumumkan pemindahan dua rumah sakit yang mereka khawatirkan menjadi sasaran serangan Rusia.

"Kota ini segera mengevakuasi dua rumah sakit lantaran sebuah video beredar luas secara online, yang secara de facto mengumumkan serangan musuh terhadap akomodasi medis tersebut," kata pemerintah kota Kyiv dalam pernyataan seperti dilansir instansi buletin AFP, Sabtu (27/4/2024).

Hal ini merujuk pada komentar yang dibuat oleh kepala KGB di Belarusia, sekutu Moskow, yang mengatakan di televisi nasional bahwa gedung-gedung tersebut menampung personel militer yang "bersembunyi di kembali anak-anak yang sakit" -- yang menunjukkan bahwa Rusia dapat menganggap akomodasi tersebut sebagai sasaran militer yang sah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemerintah kota Kyiv menyatakan klaim tersebut adalah "kebohongan absolut dan provokasi musuh, yang mencoba menggunakan ini untuk menyerang prasarana sosial ibu kota".

Salah satu akomodasi yang terletak di jalan Bogatyrska adalah rumah sakit anak-anak, kata pemerintah Kyiv.

Wartawan AFP di letak kejadian memandang sekitar sepuluh ambulans menunggu pasien untuk dievakuasi.

Seorang anak yang ditandu dengan peralatan medis ditempatkan di salah satu kendaraan yang meninggalkan letak kejadian. Beberapa pasien meninggalkan rumah sakit sendirian.