Kondisi Terkini Pembangunan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai terus berproses. Kini balok girder pada tumpuannya alias 'erection girder' telah diangkat.

Pantauan detikcom Minggu (28/4/2024) tiang-tiang alias disebut juga kolom/pier yang menjulang tinggi sudah terpasang di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta. Lain perihal dengan di persimpangan Jalan Pramuka dan Salemba, tiang-tiang ini belum terlihat.

Beberapa tiang di area Rawamangun bagian timur dekat Velodrome terlihat sudah mempunyai pier head alias kepala tiang. Sedangkan beberapa lainnya di sebelah barat Halte Velodrome terlihat tetap berupa pier saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai di Rawamangun.Pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai di Rawamangun. Foto: Taufiq/detikcom


Meski begitu, perangkat berat dan pembatas proyek tampak bersiaga di area Jalan Pramuka. Namun pembatasan itu membikin jalan di area Jalan Pramuka sampai Jalan Pemuda jadi menyempit.

Di Jalan Pemuda, Halte Velodrome di depan GOR UNJ tetap berfaedah seperti biasa. Meski jalan menyempit, bus Transjakarta tetap bisa menepi langsung ke halte untuk menjemput dan menurunkan penumpang.

Adapun LRT Jakarta Fase 1B ini bakal menghubungkan Manggarai sampai Velodrome dengan panjang lintasan 6,4 kilometer. Nantinya bakal ada lima stasiun yang dilewati, diantaranya Stasiun Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan Manggarai.

(aik/aik)