Kota tertutup

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kota tertutup adalah sebuah permukiman yang membatasi kunjungan atau penghunian akibat fitur khusus tertentu yang dimilikinya. Fitur tersebut dapat berkaitan dengan pemrosesan senjata nuklir, militer, instalasi penelitian, ataupun keperluan lainnya yang menjadi rahasia negara atau memerlukan lingkungan yang aman. Pihak eksternal yang hendak berkunjung ke kota jenis ini umumnya memerlukan izin spesifik dari pihak berwenang yang relevan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejumlah kota tertutup mulai berkembang dan hidup pada zaman Soviet, khususnya pada masa Perang Dingin. Setelah Uni Soviet bubar pada 1991, beberapa kota tertutup kemudian bertahan di sejumlah negara eks Soviet, khususnya di Rusia. Di Rusia sendiri, kota tertutup secara resmi dikenal sebagai ZATO (bahasa Rusia: Закры́тое администрати́вно-территориа́льное образова́ние, translit. Zakrytoye administrativno-territorialnoye obrazovaniye; 'Entitas daerah administratif tertutup'). Penerapan ZATO mulai diberlakukan sesuai undang-undang yang diterbitkan pada 1992,[1] tetapi daftar daerah yang diberikan status tersebut baru ditetapkan oleh Pemerintah Rusia pada 1994.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ЗАКОН РОССИЙСКОЙ ФЕДЕРАЦИИ О закрытом административно-территориальном образовании". docs.cntd.ru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-28. Diakses tanggal 2024-04-30.
  2. ^ "Распоряжение Правительство РФ 4 января 1994 г. N 3-р". businesspravo.ru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-30. Diakses tanggal 2024-04-30.