Libellula depressa

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Libellula depressa, pemburu berbadan lebar atau darter berbadan lebar,[1] adalah salah satu capung yang paling umum di Eropa dan Asia Tengah. Cirinya sangat khas dengan perut rata yang sangat lebar, empat bercak sayap dan, pada jantan, perut menjadi biru pruinose.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Serangga ini memiliki panjang sekitar 39–48 mm, jantan dan betina memiliki perut lebar dan rata berwarna coklat dengan bercak kuning di sisinya. Pada jantan, diperutnya terdapat warna biru yang menutupi warna coklat. Sayap depan dan belakang memiliki bercak gelap di bagian dasarnya.[2] Baik jantan maupun betina mempunyai garis antehumeral yang lebar. Lebar sayap rata-rata sekitar 70 mm. L. depressa sangat khas dan berbeda dengan capung lain di wilayah tersebut.

Sebaran[sunting | sunting sumber]

L. depressa ditemukan di Eropa tengah dan selatan, Asia Tengah dan Timur Tengah. Jangkauannya meluas ke utara hingga Inggris, Swedia selatan, dan Finlandia selatan, dan terdapat di beberapa pulau Mediterania termasuk Korsika, Sardinia, Sisilia, dan Menorca. Secara historis jangkauannya tidak meluas ke Skotlandia, tetapi sekarang populasinya terbatas di sana. Ia tidak dijumpai di Irlandia atau Afrika Utara.[3][2][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]