Mikhail Tolstykh

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam artikel ini, nama keluarganya adalah Sergeyevich, bukan Tolstykh.

Mikhail Sergeyvich Toltykh ( Bahasa Ukraina: Михайло Сергійович Толтих, Bahasa Rusia: Михаил Сергеивич Толтых ; 19 Juli 1980 - 8 Februari 2017), lebih dikenal dengan nom de guerre Givi (Ги́ви), adalah seorang letnan kolonel separatis Ukraina. Ia dikenal sebagai komandan Batalyon Pasukan Separatis Republik Rakyat Donetsk dalam perang di Donbas dari 2014,[2] hingga kematiannya pada awal 2017.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Mikhail Tolstykh, Donetsk, 9 Juni 2015

Dalam sesi wawancaranya dengan Komsomolskaya Pravda, Tolstykh mengatakan bahwa ia berasal dari Ilovaisk dan menjalani wajib militer pada Angkatan Darat Ukraina dari tahun 1998 hingga 2000 pada sebuah pusat pelatihan milter, dan ingin melanjutkan di tentara sebagai tentara sukarela setalah tahun 2000, namun ditolak karena keterbatasaannya dalam bicara. Kemudian ia bekerja pada pabrik tali dan menjadi satpam pada sebuat supermarket.[3] Pada sebuah interview ia mengatakan bahwa kakeknya berasal dari etnik Georgia; nama julukan Givi berasal dari Georgia.

Tolstykh bergabung dengan pemberontak pada awal perang dan terlibat pada Perang Ilovaisk/ Dirinya memimpin Batalion Somalia Rеpublik Donetsk pada Pertempuran Kedua Bandara Donetsk. The Telegraph membuat artikel singkat tentang dirinya ketika ia memberikan interview pada Novorossiya TV, ketika terjadi ledakan dekat dirinya.[4]

Pada 16 Februari 2015, Tolstykh dimasukan oleh Dewan Eropa pada daftar sanksi mereka. Pada 2016 ia didakwa di Ukraina dengan beberapa kejahatan termasuk pembuatan organisasi teroris, penculikan, dan pelecehan terhadap tawanan perang.

Perlakuan terhadap tahanan[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2015, beberapa video menunjukan tindakan Tolstykh yang secara fisik melecehkan personel alltileri Ukraina yang tertangkap pada Pertempuran Kedua Bandara Donetsk. Tolstykh terlihat menunjukan identitas dirinya sebelum menarik wajah tahanan, mengacungkan pisau, memotong lambang militer, dan memaksa memakannya. Oleksandra Matviychuk, kepala dari Pusat Kebebasan Sipil, mengatakan bahwa tindakan pada video tersebut adalah "pelanggaran mencolok pada Konvensi Jenewa" dan dia mengatakan sedang mempersiapkan sebuah gugatan.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada pagi hari tanggal 8 Febuari 2017, ketika sedang bekertja di kantornya di Rеpublik Donetsk, Tolstykh terbunuh karena ledakan yang disebabkan peluncur roket RPO-A Shmel yang ditembakan dari jarak yang tidak diketahui.[5] Petinggi Rеpublik Donetsk mengatakan bahwa serangan tersebut dilakukan oleh tentara Ukraina,[6] sementara pejabat Keamanan Ukraina mengklaim kejadian tersebut adalah hasil dari pertikaian internal di Rеpublik Donetsk.[7][8] Pada tahun 2022, jurnalis Yuriy Butusov mengatakan bahwa Tolstykh terbunuh oleh unit kontra-intelegensi Layanan Keamanan Ukraina yang disetujui oleh presiden saat itu Petro Poroshenko.[9]

Di media[sunting | sunting sumber]

Selama hidupnya dan setelah kematiannya, Tolstykh menikmati profil yang tinggi di media, begitu pula pada sosial media. Sebuah video pada pesta ulang tahunnya pada 2015 oleh jurnalis Inggris Graham Phillips, telah ditonton sebanyak lebih dari 11 juta kali di YouTube.[10] Tolstykh diketahui berteman dengan Phillips.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Alexander Bednov
  • Valery Bolotov
  • Alexey Mozgovoy
  • Arsen Pavlov
  • Graham Phillips
  • Gennadiy Tsypkalov
  • Alexander Zakharchenko
  • Pasukan separatis perang di Donbas
  1. ^ Tolstykh's place of death is under the administration of the Donetsk People's Republic.
  1. ^ "Militant Konsul killed; Givi wounded near Avdiivka, - militants' websites". Censor.NET. 5 February 2017. Diakses tanggal 24 February 2017.
  2. ^ "In Donetsk was killed terrorist Givi (В Донецьку вбито терориста Гіві (ОНОВЛЮЄТЬСЯ))". Diakses tanggal 8 February 2017.
  3. ^ Zhukova, O. Givi: I was taught to battle by Chapayev and Ukraine.
  4. ^ "Ukraine: Donetsk fighter unfazed by heavy shelling". Daily Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 October 2014. Diakses tanggal 11 October 2014.
  5. ^ "Separatist commander Mikhail Tolstykh, 'Givi', killed in eastern Ukraine". CBA News. CBC. 8 February 2017. Diakses tanggal 2017-02-08.
  6. ^ "В ДНР погиб командир батальона "Сомали" Гиви". Dozhd. 8 February 2017. Diakses tanggal 2017-02-08.
  7. ^ "Ukraine conflict: Rebel leader Givi dies in rocket attack". BBC News. 8 February 2017. Diakses tanggal 9 March 2017.
  8. ^ "Key Ukraine rebel commander killed in 'act of terror'". France 24. AFP. 8 February 2017. Diakses tanggal 9 March 2017.
  9. ^ "Наказ про ліквідацію терориста "Гіві" віддав Порошенко – Юрій Бутусов". 5 канал (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2022-02-15.
  10. ^ "Гиви День Рождения 2015 - Givi - Legendary Donbass Commander's Birthday, 2015". YouTube.