√ Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Pendidikan.Co.Id – pada kesempatan ini kita bakal membahas mengenai Vivipar, penjelasan pun bakal dilengkapi dengan beberapa point krusial seperti karakter alias karakter vivipar, langkah reproduksi vivipar beserta dengan contoh dari hewan vivipar, penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Pengertian Vivipar

Vivipar ini adalah perkembanganbiakan hewan dengan melalui melahirkan. Embrio tersebut berkembang di dalam tubuh induknya dan bakal memperoleh makanan juga dari tubuh induknya dengan melalui plasenta. Setelah embrio alias anak hewan ini sudah cukup umur setelah itu bakal dilahirkan atua dikeluarkan dari dalam tubuh induknya. contoh hewan vivipar diantaranya mamalia, seperti kambing, kucing, kuda , kelinci, paus, serta sebagainya.

Karakteristik Hewan Vivipar

Agarkita dapat/bisa mengetahui dan juga dapat menjadi bahan perbedaan antara hewan vivipar antara jenis hewan lainnya, maka kita dapat perhatikan karakter ciri hewan vivipar di bawah ini :

  1. Memiliki kelenajar susu alias puting susu
  2. Biasanya hewan vivipar ini mempunyai rambut alias juga bulu di seluruh tubuhnya.
  3. Memiliki daun telinga
  4. Memiliki puting susu
  5. Kelompok hewan Mamalia
  6. Janin anak tumbuh didalam Rahim hewan
  7. Induk mengandung serta melahirkan anaknya

Pada ikan yang mengalami perembangan vivipar itu ditandainya dengan kandungan kuning telur itu sangat sedikit, perkembangan embrio itu ditentukan oleh hubungannya dengan placenta, serta anak ikan menyerupai induk dewasa.

Ciri Vivipar Pada ikan diantaranya :

  1. Ikan yang melahirkan anaknya.
  2. Kandungan kuning telur sangat sedikit serta perkembangan embrio itu ditentukan oleh hubungannya dengan placenta pada tahap awal dalam mencukupi kebutuhan

Cara Perkembangbiakan Vivipar

Cara perkembangbiakannya ini disini kami ambil contohnya Sapi & Kucing. Sapi ini merupakan suatu golongan hewan mamalia yang langkah perkembangbiakannya ialah dengan langkah melahirkan anaknya. Sebelum sapi itu melahirkan tentunya terdapat asal usulnya kenapa sapi ini bisa melahirkan, sebelum sapi itu mengandung dan melahirkan pada awalnya sapi itu disilangkan antara sapi jantan serta sapi betina. Dari proses persilang tersebutlah sapi betina itu bakal mengandung janin yang terdapat di Rahimnya tersebut.

Kemudian setelah sapi betina itu mengandung janin selama berbulan-bulan, itu sampai pada waktunya janin yang dikandung itu bakal berubah menjadi sapi kecil, sapi betina tersebut itu melahirkannya ke bumi ini, sapi tersebut bisa melahirkan 1-2 anak sapi. Setelah anak sapi tersebut lahir, anak sapi itu bakal menyusu pada induknya untuk mendapatkan nutrisi yang berfaedah dalam membantu proses pertumbuhannya. Itulah kurang lebih proses dari perkembangbiakan sapi.

hal tersebut tentu tidak jauh berbeda dengan proses perkembangbiakan pada hewan lain, proses perkembangbiakan yang dialami oleh kucing betina itu condong sama dengan proses perkembangbiakan sapi, nyaris tidak terdapat perbedaan tentan g proses dari perkembangbiakannya mulai dari persilangan itu sampai pada waktu melahirkan, namun tetapi terdapat sedikit perbedaan didalam proses perkembangbiakan kucing, ialah andaikan kucing itu umumnya bisa untuk melahirkan 3 sampai 4 anak kucing.

Proses dra reproduksi Vivipar

Adapun Proses dra reproduksi dengan langkah vivipar ini sebagai berikut :

  • Ditandai dengan adanya proses pembuahan internal alias di dalam tubuh yang terjadi di dalam rahim induk betina
  • Ovum yang sudah di buahi oleh sperma yang dinamakan zigot
  • Kemudian zigot tersebut bakal tumbuh kemudian embrio dan bakal berkembang di dalam rahim
  • Zigot ini mendapatkan makanan langsung dari induk betina itu dengan melalui tali pusar alias plasenta
  • Masa kehamilan alias juga mengandung pada tiap-tiap hewan itu berbeda-beda
  • Setelah masa kehamilan itu berakhir, hewan betina tersebut bakal melahirkan
  • Setelah melahirkan induk betina tersebut bakal menjaga serta bakal menyususi bayinya itu sampai dapat mandiri, oleh karena itu hewan yang bereproduksi secara vivipar itu kebanyakan mempunyai kelenjar susu.

Contoh Hewan Vivipar

Dibawah ini merupakan beberapa contoh hewan-hewan vivipar :

1. Kucing

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Cara berkembang biak kucing

Kucing ini merupakan hewan yang tetap sebangsas dengan harimau. Beberapa orang menganggap bahwa kucing ini merupakan harimau jenis kecil. Jenis serta jenis kucing sampai saat ini sudah cukup banyak, mereka sudah tersebar di semua penjuru dunia. Banyaknya jenis serta jenis yang terdapat disekitar kita ini ini tidak lain dikarenakan reproduksinya yang sangat cepat.

Kucing yang sudah melakukan proses reproduksi pada saat masa kawin biasanya itu  bakal mengandung calon anaknya dalam jangka waktu kurang lebih itu 65 hari. Yang mana dalam sekali kehamilan, biasanya kucing ini bakal menghasilkan 2-4 alias apalagi juga lebih bayi kucing.

2. Unta

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Cara berkembang biak unta

Unta ini merupakana hewan yang mempunyai angan hidup cukup tinggi, ialah sekitar 30-50 tahun. Ciri unik yang dipuynyai ialah mempunyai punuk di tubuhnya serta satu-satunya hewan yang bisa untuk menyimpan air di dalam tubuhnya itu dalam jumlah yang cukup banyak. Masa dari kehamilan unta ini dapat dibilang cukup lama, unta ini memerlukan waktu itu sekitar 13 sampai pada 15 bulan untuk mengandung anaknya sampai pada lahir.

3. Kelelawar

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Cara berkembang biak kelelawar

Kelelawar ini merupakan hewan noktural yang termasuk pada hewan vivipar, lantaran hewan ini juga merupakan hewan yang langkah perkembangbiakannya itu dengan langkah melahirkan. Meskipun hewan ini tergolong bangsa hewan yang dapat terbang seperti halnya burung, namun justru kelelawar ini tidak bertelur, mereka itu melahirkan. Adapun jangka waktu yang dibutuhkan kelelawar untuk mengandung ialah selama 1,5-6 bulan, tergantung dari jenis kelelawar tersebut serta juga tempat tinggalnya.

4. Paus

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Paus ini merupakan salah satu hewan mamalia yang hidup di air, jadi paus ini bukanlah bangsa ikan. Ikan tersebut melakukan perkembangbiakan itu dengan langkah ovipar, namun karena paus ini adalah mamalia maka dia melahirkan anaknya.

5. Anjing Laut

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Anjing laut ini merupakan mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di wilayah sejuk. Pada mulanya, anjing laut itu termasuk didalam kategori subordo Pinnipedia, namun untuk sekarang kategori subordo tersebut sudah bergeser menjadi kategori superfamilia. Hewan tersebut juga merupakan hewan mamalia. Yang berkembangbiak dengan langkah melahirkan anaknya.

6. Ikan Pesut

Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh

Ikan ini jugaa merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan langkah melahirkan. Pesut mahakam ini adalah sejenis hewan mamalia yang sering disebut dengan sbeutan lumba-lumba air tawar yang sekarang statusnya adalah terancam. Pesut ini dinamakan dengan Pesut mahakam disebabkan banyak ditemukan di perairan Sungai Mahakam, namun kalangan peneliti barat lebih mengenal hewan ini dengan julukan Irrawaddy Dolphin

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh, semgoa apa yang diuraikan dapaat berfaedah untuk anda.