Stasiun Kutoarjo

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Stasiun Kutoarjo (KTA) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Semawung Daleman, Kutoarjo, Purworejo, serta menjadi stasiun aktif yang lokasinya paling timur dalam pengelolaan Daerah Operasi V Purwokerto dan stasiun paling barat dalam pengelolaan KAI Commuter Wilayah VI Yogyakarta. Stasiun ini berjarak 324 km sebelah timur dari Bandung dan 448 km sebelah tenggara dari Jakarta Gambir.

Stasiun Kutoarjo diperkirakan telah ada sejak pembangunan jalur kereta api Cilacap–Kroya–Kutoarjo–Yogyakarta pada 20 Juli 1887, beserta jalur cabang menuju Kota Purworejo.[5] Bergabungnya Kabupaten Kutoarjo dengan Kabupaten Purworejo pada tahun 1934[6] membuat pengelolaan stasiun ini lebih efektif. Stasiun ini khusus untuk pemberangkatan kereta api jarak jauh yang melewati wilayah Purworejo, sedangkan Stasiun Purworejo dikhususkan untuk layanan kereta api penumpang, hingga akhirnya dinonaktifkan pada tahun 2010 beserta jalurnya.

Stasiun Kutoarjo dilayani angkutan BRT Trans Jateng trayek P1 dengan tujuan Purworejo dan Borobudur di Kabupaten Magelang yang diluncurkan pada 1 September 2020.[7]

Bangunan dan tata letak[sunting | sunting sumber]

Emplasemen Stasiun Kutoarjo sisi timur, tampak Depo Sarana Kutoarjo yang berfungsi untuk perawatan beberapa sarana perkeretaapian

Stasiun Kutoarjo memiliki delapan jalur kereta api. Pada awalnya jalur 2 merupakan sepur lurus. Setelah jalur ganda menuju Stasiun Yogyakarta selesai dibangun pada tahun 2007[8] dan dioperasikan pada tanggal 22 Januari 2008,[9] jalur 3 dijadikan sebagai sepur lurus jalur ganda arah Yogyakarta sekaligus sepur raya jalur tunggal dari dan ke arah Kroya, sedangkan jalur 2 dijadikan sebagai sepur lurus jalur ganda dari arah Yogyakarta sekaligus sebagai sepur badug panjang untuk langsiran rangkaian kereta api. Kemudian setelah jalur ganda menuju Stasiun Butuh dioperasikan per 30 November 2019, jalur 2 sepenuhnya dijadikan sebagai sepur lurus untuk arah Kroya, sedangkan jalur 3 sepenuhnya dijadikan sebagai sepur lurus hanya untuk arah Yogyakarta.

Rel di jalur 4–6 dirancang tanpa menggunakan batu balast/kricak. Jalur 4 dan 5 digunakan untuk menampung KA yang diberangkatkan dari stasiun ini,[10] sementara jalur 6 biasanya digunakan untuk menampung kereta luar dinas dan langsir. Ke arah timur dari jalur 1 terdapat percabangan jalur menuju Purworejo, tetapi jalur cabang tersebut kini telah dinonaktifkan dan pernah digunakan untuk menampung sejumlah gerbong barang yang sudah tidak terpakai.

Bangunan stasiun ini kini sudah tidak asli, kecuali atap kanopi utama yang menaungi jalur 1–3 serta beberapa pintu dan tembok yang menghadap peron jalur 1. Stasiun ini diduga memiliki arsitektur yang mirip dengan Stasiun Purworejo. Hal ini karena Stasiun Kutoarjo memiliki arus penumpang yang sangat tinggi sehingga bangunan utama stasiun perlu dilakukan renovasi supaya mampu mengurangi kesemrawutan.[11] Di sisi timur stasiun terdapat depo kereta yang dikhususkan untuk perawatan ringan sarana kereta. Di sisi selatan stasiun terdapat dua jalur simpan kereta yang akan/selesai dinas dan cuci kereta, yang mana jalur tersebut mengarah ke turntable. Sementara itu, di samping Depo Kereta, terdapat sub depo lokomotif yang dahulu memiliki dua lokomotif diesel hidrolik, yakni BB300 06 (BB300 58 01) dan BB300 16 (BB300 58 05), yang sebelumnya digunakan untuk KA Feeder Purworejo. Namun, setelah KA feeder tersebut dihentikan operasionalnya, maka lokomotif tersebut hanya digunakan untuk kegiatan langsir, hingga pada akhirnya kedua lokomotif tersebut kini sudah tidak beroperasi dan sudah dipindah ke Cilacap menunggu dirucat.

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun ini merupakan stasiun utama di wilayah Kabupaten Purworejo sehingga dijadikan stasiun pemberhentian ujung bagi beberapa layanan kereta api antarkota, yaitu kereta api Sawunggalih tujuan Pasar Senen dan Kutojaya Utara tujuan Jakarta Kota melayani di jalur tengah Jawa, sedangkan kereta api Kutojaya Selatan tujuan Kiaracondong hanya dilayani di lintas selatan Jawa; serta layanan komuter Commuter Line Prambanan Ekspres dari dan tujuan Yogyakarta.

Tampak dalam Stasiun Kutoarjo pada tahun 2018

Berikut ini adalah layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini sesuai Gapeka 2023.[12]

Penumpang[sunting | sunting sumber]

Antarkota[sunting | sunting sumber]

Aglomerasi[sunting | sunting sumber]

Komuter[sunting | sunting sumber]

Barang[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

  • Stasiun Kutoarjo pada tahun 2013

    Stasiun Kutoarjo pada tahun 2013

  • KA Taksaka yang sedang berhenti di Stasiun Kutoarjo

    KA Taksaka yang sedang berhenti di Stasiun Kutoarjo

  • Stasiun Kutoarjo

    Stasiun Kutoarjo

  • Kereta api Joglokerto di Stasiun Kutoarjo

    Kereta api Joglokerto di Stasiun Kutoarjo

  • Papan nama Stasiun Kutoarjo versi tahun 2017

    Papan nama Stasiun Kutoarjo versi tahun 2017

  • Stasiun Kutoarjo bagian dalam

    Stasiun Kutoarjo bagian dalam

  • Emplasemen Stasiun Kutoarjo, Juni 2019

    Emplasemen Stasiun Kutoarjo, Juni 2019

  • Emplasemen Stasiun Kutoarjo, Maret 2020

    Emplasemen Stasiun Kutoarjo, Maret 2020

  • KA Lodaya persiapan masuk Stasiun Kutoarjo

    KA Lodaya persiapan masuk Stasiun Kutoarjo

  • Bagian depan Stasiun Kutoarjo pada tahun 2019

    Bagian depan Stasiun Kutoarjo pada tahun 2019

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero).
  2. ^ "Sekilas Cerita Daop 5 Purwokerto" (PDF). Purwokerto: PT Kereta Api Indonesia (Persero). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-10-08. Diakses tanggal 2020-10-05.
  3. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 1 Januari 2020.
  4. ^ Susanti, D.M. (Januari 2008). Kajian atas Pengelolaan Pengetahuan dalam Pengoperasian Teknologi Persinyalan Kereta Api (Studi Kasus Daop 2 Bandung) (Tesis S2). Program Magister Studi Pembangunan, Sekolah Arsitektur, Pengembangan, dan Perencanaan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.
  5. ^ Staatsspoorwegen (1921–1932). Verslag der Staatsspoor-en-Tramwegen in Nederlandsch-Indië 1921-1932. Batavia: Burgerlijke Openbare Werken.
  6. ^ Moehadi; Pratitis, Titi; Mulyono; Priyanto, Supriyo; Galba, Sindu (1988). Dampak Modernisasi Terhadap Hubungan Kekerabatan di Daerah Jawa Tengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  7. ^ "BRT Trans Jateng Koridor Terminal Borobudur-Stasiun Kutoarjo Resmi Beroperasi" (2020-09-02). Berita Magelang
  8. ^ "Jalur Ganda Yogya-Kutoarjo Dapat Dioperasikan Saat Lebaran". Detik.com. 2007-09-26. Diakses tanggal 2020-05-09.
  9. ^ "Besok Presiden Resmikan Rel Ganda di Kutoarjo". Kompas.com. 2008-01-21. Diakses tanggal 2020-05-09.
  10. ^ Prasetya, S. (2014). "Kutoarjo (KTA): Stasiun Paling Ramai di Ujung Timur Daop V". Majalah KA. 96: 8–9.
  11. ^ Musadad (2002). Arsitektur dan Fungsi Stasiun Kereta Api bagi Perkembangan Kota Purworejo 1901-1930 (Tesis). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.
  12. ^ Grafik Perjalanan Kereta Api pada Jaringan Jalur Kereta Api Nasional di Jawa Tahun 2023 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian. 14 April 2023. Diakses tanggal 12 Mei 2023.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) Situs resmi KAI dan jadwal kereta api
  • (Indonesia) Jadwal Commuter Line Prameks