Umrao Jaan Ada

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Umrao Jaan Ada ( urdu: اُمراؤ جان ادا ) adalah novel Urdu karya Mirza Hadi Ruswa (1857–1931), pertama kali diterbitkan pada tahun 1899.Novel ini dianggap sebagai novel Urdu pertama oleh banyak Orang dan menceritakan kisah seorang pelacur dan penyair dengan nama Umrao Jaan (Ameeran) dari Lucknow abad ke-19, sebagaimana diceritakan olehnya kepada penulis.

Umrao Jaan Ada Umrao Jaan ada: Umrāʾo Jān Adā

اُمراؤ جان ادا

Penulis Judul asli Negara Bahasa Tokoh:

-Ameeran

(Umrao Jaan)

-Dilawar Khan

-Gauhar Mirza(Umrao Jaan 2006)/Gohar

Mirza(Umrao Jaan 1981)

-Khanum Jaan

-Bismillah

-Bua Hussaini(Umrao Jaan 2006)/

Husseini(Umrao Jaan 1981)

-Maulvi Sahib

-Faiz Ali(di sebutkan juga Nawab Faiz

Ali/ Faiz Ali Dacoid Dan geng di Film

Umrao Jaan 2006)

-Fazl Ali

-Ram Dei/Ram Dai

-Ibu Ameeran

-Ayah Ameeran

-Kakak

Ameeran(Jamal)

Aliran Tambahan Tokoh Di Umrao Jaan 2006:

-Khurshid/

Khursheed

-Husna

-Zeenat

Tokoh yang di hilangkan di Umrao Jaan 2006:

-Ram Dei/Ram Dai

Tanggal penerbitan Adaptasi India:

-Mehndi (1958),

-Zindagi Ya Toofan (1958),

-Umrao Jaan(1981),Dan

-Umrao Jaan(2006).

Diterbitkan dalam bahasa Inggris Adaptasi Pakistan:

-Umrao Jaan Ada(1972),Dan

-Serial Televisi Umrao Jaan Ada (2003)

Mirza Hadi Ruswa
Umrāʾo Jān Adā
India, Dan pakistan
Bahasa Urdu, Dan pada Tahun 1970 diterjemahkan Ke bahasa Inggris
Novel
1899
1970

Sejarah dan tema[sunting | sunting sumber]

Menurut novel itu, kisah Umrao Jaan diceritakan olehnya kepada penulis, ketika ia kebetulan bertemu dengannya di sebuah mushaira (kumpulan puisi) di Lucknow. Saat mendengarkan baitnya, penulis bersama Munshi Ahmad, seorang novel dan penggila puisi yang hadir di pertemuan itu, meyakinkan Umrao Jaan untuk berbagi kisah hidupnya dengan mereka. Novel ini ditulis sebagai orang pertama sebagai memoar. Buku ini pertama kali diterbitkan oleh Gulab Munshi dan Sons Press, Lucknow pada tahun 1899.

Novel ini dikenal karena penggambarannya yang terperinci tentang Lucknow pada abad ke-19, masyarakatnya yang dekaden, dan juga menggambarkan kemunafikan moral pada zaman itu, di mana Umrao Jaan juga menjadi simbol sebuah negara yang telah lama menarik banyak pelamar yang hanya ingin menarik perhatian banyak pelamar yang hanya ingin mencari. mengeksploitasinya.

Keberadaan Umrao Jaan Ada diperdebatkan di antara para ulama karena ada beberapa menyebutkan dia di luar buku Ruswa. Dia memang muncul dalam novelnya yang belum selesai Afshai Raz , tetapi sangat berbeda dari karakter berbudaya dalam Umrao Jaan Ada . Keberadaan seorang perampok Uttar Pradesh bernama Fazal Ali dicatat, dan ada dokumen-dokumen Inggris yang menyebutkan klaim seorang pelacur bernama Azizan Bai yang menyatakan bahwa ia diajar oleh Umrao Jaan.

Plot ringkasan[sunting | sunting sumber]

Umrao Jaan lahir sebagai Amiran ( Urdu : اميرن ) dari keluarga sederhana di Faizabad . Setelah penjahat Dilawar Khan dibebaskan dari penjara ia memutuskan untuk membalas dendam ketika ayahnya bersaksi melawannya di pengadilan. Khan menculik Amiran dan memutuskan untuk menjualnya di Lucknow. Dia dipenjara dengan gadis lain, Ram Dai, tetapi keduanya terpisah ketika Dilawar Khan membawanya ke Lucknow. Di sana dia dijual seharga 150 rupee ke Khanum Jaan, kepala tawaif seorang kotha . Dia berganti nama menjadi Umrao dan mulai belajar musik dan tarian klasik . Bersama dengan tawaifmagang lainnyadan Gauhar Mirza, putra tidak sah nakal dari Nawab setempat, dia diajari membaca dan menulis dalam bahasa Urdu dan Persia . Saat Umrao tumbuh, dia dikelilingi oleh budaya kemewahan, musik, dan puisi. Dia akhirnya mendapatkan klien pertamanya, (mendapatkan akhiran jaan ), tetapi lebih memilih Gauhar Mirza yang miskin, temannya.

Umrao Jaan menarik Nawab Sultan yang tampan dan kaya raya. Pasangan itu jatuh cinta, tetapi nasib membawa bajingan tua itu kembali ke kehidupannya, kali ini dia berhadapan langsung dengan Sultan, setelah pertengkaran sengit Nawab Sultan menembaknya dan Dilawar Khan terluka di lengannya. Dia tidak lagi datang ke kotha dan Umrao Jaan harus menemuinya secara diam-diam, dengan bantuan Gauhar Mirza. Ketika Umrao Jaan terus melihat Nawab Sultan dan juga melayani klien lain, ia mendukung Gauhar Mirza dengan penghasilannya. Klien baru, Faiz Ali yang misterius, menghujani Umrao Jaan dengan perhiasan dan emas, tetapi memperingatkannya untuk tidak memberi tahu siapa pun tentang hadiahnya. Ketika dia mengundangnya untuk bepergian ke Farrukhabad, Khanum Jaan menolak sehingga Umrao Jaan harus melarikan diri. Dalam perjalanan ke Farrukhabad, mereka diserang oleh tentara dan Umrao Jaan menemukan bahwa Faiz adalah perampokdan semua hadiahnya adalah barang curian. Faiz Ali lolos dengan saudaranya Fazl Ali dan dia dipenjara, tapi untungnya salah satu tawaif dari Khanum Jaan ini kotha adalah dalam pelayanan Raja yang tentara menangkapnya sehingga Umrao Jaan dibebaskan. Segera setelah dia meninggalkan istana Raja, Faiz Ali menemukannya dan membawanya untuk ikut bersamanya. Dia segera ditangkap dan Umrao Jaan, enggan untuk kembali ke Khanum Jaan, ditetapkan sebagai tawaif di Kanpur . Sementara dia tampil di rumah Begum yang ramah, bandit bersenjata yang dipimpin oleh Fazl Ali mencoba merampok rumah itu, tetapi pergi ketika mereka melihat bahwa Umrao Jaan ada di sana. Kemudian Gauhar Mirza datang ke Kanpur dan dia memutuskan untuk kembali ke kotha .

Umrao Jaan tampil di pengadilan Wajid Ali Shah sampai Pengepungan Lucknowmemaksanya untuk melarikan diri dari kota ke Faizabad. Di sana dia menemukan ibunya, tetapi diancam oleh saudara lelakinya yang menganggapnya memalukan dan percaya dia akan lebih baik mati. Hancur, Umrao Jaan kembali ke Lucknow sekarang setelah pemberontakan berakhir. Dia bertemu Begum dari Kanpur lagi di Lucknow dan menemukan bahwa dia sebenarnya Ram Dai. Dengan twist aneh nasib Ram Dai dijual kepada ibu Nawab Sultan dan keduanya sekarang menikah. Hantu lain dari masa lalu Umrao Jaan dimatikan ketika Dilawar Khan ditangkap dan digantung karena perampokan. Dengan penghasilannya dan emas yang diberikan Faiz Ali, dia dapat hidup dengan nyaman dan akhirnya pensiun dari hidupnya sebagaitawaif.

Umrao Jaan Ada di media[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun novel ini telah menginspirasi banyak film baik di India maupun Pakistan . Film ini dibuat menjadi film Pakistan pada tahun 1972, Umrao Jaan Ada , dibintangi Rani dan Shahid dan disutradarai oleh Hasan Tariq, dan 4(Empat) film India: Mehndi (1958) oleh sutradara SM Yusuf, Zindagi Ya Toofan (1958) yang dibuat oleh Nakshab , film Umrao Jaan tahun 1981 yang dibuat oleh Muzaffar Ali dan Umrao Jaan (2006) oleh JP Dutta .

Televisi[sunting | sunting sumber]

Novel ini juga menjadi tema serial televisi Pakistan, Umrao Jan Ada , ditayangkan pada tahun 2003. Film ini disutradarai oleh Rana Sheikh dan alur ceritanya ditulis oleh penyair Zehra Nigah . Serial drama adalah produksi pertama Geo TV dan dianggap sebagai serial paling mahal yang pernah dibuat di Pakistan. Serial drama ini menampilkan pemeran all star yang terdiri dari Amina Bano, Bushra Ansari, Atiqa Odho, Sadia Imam, Sonia Rehman, Badar Khalil, Zeba Shehnaz, Ismat Zaidi, Salma Azfer, Humayun Saeed, Adnan Siddiqui, Faisal Qureshi, Imran Abbas, Fahad Mustafa, Shahood Alvi, Adnan Jillani, Saif e Hasan, Ahson Talish, Shakeel, Anwar Iqbal, Shabbir Jan, Mahmood Aslam. Dan penampilan tamu oleh Resham, Meera, Gia Ali dan Nighat Chaudhry.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Pelacur Lucknow (Umrao Jan Ada), ( Koleksi Karya Perwakilan UNESCO ). Hind Pocket Books, 1970.
  • Hasan Shah . The Nautch Girl: A Novel. Diterjemahkan oleh Qurratulain Hyder. New Delhi: Sterling Publishers, 1992.
  • Umrao Jaan Ada, Mirza Hadi Ruswa , 2003, Penerbit: Sang-e-Meel. ISBN 969-35-0674-X. (Teks bahasa Urdu)
  • Umrao Jan Ada. Diterjemahkan oleh David Matthews. New Delhi, Rupa and Co., 2006. ISBN 81-7167-311-2 .
  • Umrad Jan Ada, Diterjemahkan K. Singh (Inggris). Orient Paperbacks, 2005. ISBN 81-222-0393-0 .
  • Umrao Jan Ada, Diterjemahkan Khushwant Singh (Bahasa Inggris). 2006. Buku Disha. ISBN 81-250-1593-0 .
  • Umrao Dźan Ada. Pamiętnik kurtyzany, Diterjemahkan dan Diedit oleh Agnieszka Kuczkiewicz-Fraś (Polandia). 2011. Kraków: Księgarnia Akademicka. ISBN 978-83-7638-197-8 .
  • Umrao Jan Ada. Diterjemahkan dalam bahasa Sanskerta oleh Shwetaketu http://www.pratnakirti.com/Publications-Umraojan.html . ISBN 978-81-906145-6-6.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Versi Lengkap Urdu Text 1899
  2. ^ Umrao Jaan Ada oleh Mirza Hadi Ruswa Diarsipkan pada 2009-06-09 di Mesin Wayback Umrao Jaan di sasw.chass.ncsu.edu
  3. ^ Umrao Jaan Ada oleh Mirza Mohammad Hadi Ruswa Terjemahan oleh Khushwant Singh
  4. ^ Berbagai terjemahan dari Umrao Jaan Ada Newsline, 2001
  5. ^ Syed Firdaus Ashraf (2 November 2006). "Apakah Umrao Jaan nyata?" . Rediff . Diakses pada 26 Agustus 2010 .
  6. ^ 1972 film di Pakistan 1972, Majalah Film Pakistan
  7. ^ Umrao Jaan Ada di IMDb
  8. ^ Pelacur di Ruang Tamu, ” Review ISIM, 2005
  9. ^ Pelacur Lucknow (Umrao Jan Ada), (koleksi karya perwakilan UNESCO): Mirza Mohammad Hadi Ruswa: Books. Amazon.com (2001-04-21). Diperoleh pada 2013-07-18.
  10. ^ Pelacur dan Novel India sscnet.ucla, Sejarah / Politik
  11. ^ Khan, Irshad Sairah (Juli 2001)."Buku: Umrao Jan Revisited" . Newsline . Diarsipkan dari aslinya pada 19 April 2004 . Diperoleh 19 April 2004 .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Teks Urdu Lengkap dari Umrao Jaan Ada karya Mirza Hadi Ruswa
  • Situs yang didedikasikan untuk karya Mirza Hadi Ruswa