Warga Harap LRT Jakarta 1B Cepat Rampung: Biar Bisa Naik dari Manggarai

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai terus bergulir. Warga berambisi agar proyek tersebut segera rampung.

Salah satu penduduk berjulukan Fijria (20) mengaku antusias menanti pembangunan rute baru LRT Jakarta yang bakal melintas sampai Manggarai itu. Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu menilai keberadaan LRT dapat membantu mahasiswa yang datang dari luar Jakarta.

"Iya menguntungkan banget pasti. Karena jika pakai Transjakarta kadang kena macet juga di jalan. Kalau LRT pasti bisa lebih cepat. Waktu tunggunya juga kayaknya bakal lebih teragendakan juga," kata Fijria saat ditemui detikcom di Jalan Pemuda, Rawamangun, Minggu (28/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fijria setiap hari berangkat dari Ciomas, Bogor, Jawa Barat menggunakan KRL. Dia turun di Stasiun Manggarai lampau transit menggunakan Transjakarta menuju Halte Velodrome.

Dengan adanya LRT, waktu perjalanan menuju kampusnya di Rawamangun bisa dipangkas, lantaran tak perlu terjebak macet lantaran naik Transjakarta.

"Karena jika dari rumah saya ke sini bisa sampai 2 jam lebih, kadang bisa 3 jam," ujarnya.

"Harapannya sigap kelar. Biar jika berangkat bisa pakai LRT dari Manggarai pas transitnya. Kalau pakai LRT juga saya kira bakal lebih lezat di jalannya. Jadi ada waktu buat istirahatnya di gerbong lebih nyaman," sambungnya.

Dia juga berambisi masyarakat lain bisa menggunakan transportasi umum sebagai perangkat untuk pulang pergi. Menggunakan transportasi umum juga bisa menjadi solusi mengurangi kemacetan.

"Habis itu harapannya lebih banyak lagi yang baik pikulan umum. Biar nggak banyak polusi ya. Semoga kelak pas LRT ini jadi bisa banyak yang pakai," ucapnya.

Senada dengan Fijria, penduduk lainnya berjulukan Farhan Safi (19) mengatakan LRT bisa jadi opsi transportasi umum bagi masyarakat yang kerap beraktivitas di Rawangun, misalnya para atlet yang hendak bertanding di GOR UNJ.

"Harapan saya LRT ini sigap selesai , biar bisa ada opsi transportasi jika ke UNJ. Kadang jika suka malas keluarin mobil. Nah jika ada LRT bisa enak," katanya.

Farhan yang merupakan asisten pembimbing bulutangkis itu mengaku sering berjamu ke GOR UNJ yang berada di Jalan Pemuda, Rawamangun. Biasanya turnamen bulutangkis di sana kerap dihelat 10 kali lebih dalam setahun.

"Ya saya sering ada turnamen di sini. Tapi jika naik Transjakarta ke sini jarang. Karena ribet jika dari tempat asal saya di Grogol. Bakal lebih lama. Di sini juga kadang macet jika hari biasa pas pulang kerja," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, PT Jakarta Propertindo (JakPro) melaporkan progres proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai. Saat ini, proyek telah mencapai pengangkatan balok girder pada tumpuannya alias 'erection girder'.

Setelah proses pengangkatan girder ini, fase bangunan selanjutnya, ialah diafragma alias penyambungan dua girder untuk dijadikan satu kesatuan struktur bangunan.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dengan rute sepanjang 6,4 kilometer (km) melewati lima stasiun yang menghubungkan Velodrome-Manggarai telah memasuki pekan 31 pada minggu ke-3 April 2024.

"Ditargetkan per September 2024 dapat dilakukan 'test track', kereta dapat melangkah dari Stasiun Velodrome sampai Stasiun Rawamangun," kata DIrut PT JakPro Iwan Takwin, dilansir Antara.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B telah memenuhi persentase pembangunan sebesar 10,4291 persen yang mengindikasikan deviasi positif terhadap keseluruhan rencana proyek LRT Jakarta.

Saksikan juga 'Mitos alias Fakta: Langsung Mandi Setelah Olahraga Berpotensi Serangan Jantung':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/taa)